Kunci sukses pe-Ritail Modern adalah lokasi yang strategis,kunci ini juga di pegang teguh oleh Carrefour,perhatikan keberadaan gerai raksasa Ritail Carrefour,semua gerai Carrefour selalu berada ditempat strategis serta ada ditengah kota,atau kalau pun tidak ditengah kota dipastikan ada ditempat keramaian.
Jika Startegi lokasi sudah sedemikian rupa diterapkan maka laju Carrefour tidak ada yang dapat membendungnya, pertumbuhannya semakin luar biasa besarnya, apalagi ditopang modal yang tak terbatas dan manajemen canggih tak ayal Carrefour adalah raksasanya raksasa Ritail.
Berdasarkan hasil penelusuran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menunjukkan penguasaan pasar Ritail Modern oleh Carrefour mencapai 60%. Pe-Ritail asal Prancis itu kini memiliki 61 hipermarket di Indonesia, 29 gerai diantaranya akuisisi Supermarket Alfa,dengan modal 61 Gerai maka dapat dikatakan Carrefour adalah penjajah Retail di Indonesia.
Penguasaan Carrefour tidak hanya melulu berbicara karena mempunyai modal yang kuat,manajemen bagus,strategi produk,penempatan gerai di lokasi strategis namun juga tak kalah pentingnya Carrefor dengan jitu memanfaatkan bergesernya budaya belanja masyarakat di Indonesia,
Jika dahulu masyarakat berbelanja hanya tertuju kepada Toko Ritail Tradisional yang khusus menjual satu produk atau beberapa produk,namun kini masyarakat cenderung beberbelanja mendatangi Toko Retail Modern yang menyediakan banyak pilihan produknya,budaya inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Carrefour.
Menurut G&P Retail Consulting mengharapkan pemerintah pusat dan daerah harus memberikan lokasi pe-Retail kelas Hipermarket seperti Carrefour di pinggiran kota yang berjarak 20-30 km dari tengah kota,dan memintah pemerintah pusat dan daerah tidak hanya memikirkan investasi daerahnya saja, tapi juga harus berfikir bagaimana caranya pe-Ritail Kecil bisa hidup dan terhindar dari korban kedigdayaan pe-Ritail Modern raksasa seperti Carrefour.
Di satu pemberitaan,sepak terjang dan Monopoli Carrefour di dunia Retail Indonesia sudah sangat mencemaskan lihatlah hasil penelusuran KPPU diatas,jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka potensi perekonomian rakyat yang besarnya dari perputaran pasar tradisional akan benar-benar berhenti,belum lagi keterpihakan pabrikan yang jelas-jelas memberi harga murah ke Carrefour namun cilakanya malah memberi harga tinggi ke pasar tradisional.
Mau tahu dimana saja Gerai Carrefour Indonesia,inilah daftar Gerai Carrefour hingga pertengahan tahun 2009 (masih ada kemungkinan bertambah lebih banyak) :
Jakarta Raya:
1. Carrefour Mangga Dua
2. Carrefour MT Haryono
3. Carrefour Lebak Bulus
4. Carrefour Cempaka Putih
5. Carrefour Cempaka Mas
6. Carrefour Cikarang
7. Carrefour Kelapa Gading
8. Carrefour Cakung
9. Carrefour Buaran
10. Carrefour Puri Indah
11. Carrefour Pluit Mega Mall
12. Carrefour Duta Merlin
13. Carrefour Permata Hijau
14. Carrefour Ambassador
15. Carrefour Taman Palem
16. Carrefour Kramat Jati
17. Carrefour Taman Mini
18. Carrefour Cibinong
19. Carrefour Daan Mogot
20. Carrefour Depok
21. Carrefour Ratu Plaza
22. Carrefour Sunter
23. Carrefour Pasar Minggu
24. Carrefour Blok-M
25. Carrefour Emporium Pluit Mall
Tangerang:
26. Carrefour Bumi Serpong Damai
27. Carrefour Cikokol Tangerang
28. Carrefour Ciledug Tangerang
29. Carrefour Bintaro Tangerang
30. Carrefour Ciputat Tangerang
Bekasi:
31. Carrefour Bekasi Square
32. Carrefour Blue Mall Bekasi
33. Carrefour Harapan Indah Bekasi
34. Carrefour Juanda Bekasi
Bandung:
35. Carrefour Sukajadi Bandung
36. Carrefour Kiara Condong
37. Carrefour Braga Bandung
38. Carrefour Molis Bandung
Jawa & Bali:
39. Carrefour Cirebon
40. Carrefour Semarang
41. Carrefour Solo Baru
42. Carrefour Solo Pabelan
43. Carrefour Jember
44. Carrefour Kalimas Surabaya
45. Carrefour Plaza Ambarukmo
46. Carrefour Maguwoharjo Yogyakarta
47. Carrefour ITC Surabaya
48. Carrefour Rungkut
49. Carrefour Golden City Surabaya
50. Carrefour Bubutan Junction SBY
51. Carrefour A. Yani Surabaya
52. Carrefour Dukuh Kupang Surabaya
53. Carrefour Madiun
54. Carrefour Denpasar Bali
55. Carrefour Imam Bonjol Denpasar
56. Carrefour Gunung Agung Denpasar
Sumatra:
57. Carrefour Medan Fair
58. Carrefour Palembang Square
Sulawesi:
59. Carrefour Panakukkang Makassar
60. Carrefour Pengayoman Makassar
61. Carrefour Tamalanrea Makassar
Kalau sudah demikian siapa yang bersalah,Pemerintahkah?Carrefour??semuanya mengelak dan keduanya mempunyai alasan masing-masing,lalu bagaimana nasib pe-Ritail kecil?? tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang mungkin itu jawaban yang akan di lontarkan oleh penguasa dan pengusaha diatas,capital diatas segalanya melebihi dari nilai usaha yang dijalankannya,benarkah begitu sahabat?
Salam Sahabat Selalu
Jika Startegi lokasi sudah sedemikian rupa diterapkan maka laju Carrefour tidak ada yang dapat membendungnya, pertumbuhannya semakin luar biasa besarnya, apalagi ditopang modal yang tak terbatas dan manajemen canggih tak ayal Carrefour adalah raksasanya raksasa Ritail.
Berdasarkan hasil penelusuran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menunjukkan penguasaan pasar Ritail Modern oleh Carrefour mencapai 60%. Pe-Ritail asal Prancis itu kini memiliki 61 hipermarket di Indonesia, 29 gerai diantaranya akuisisi Supermarket Alfa,dengan modal 61 Gerai maka dapat dikatakan Carrefour adalah penjajah Retail di Indonesia.
Penguasaan Carrefour tidak hanya melulu berbicara karena mempunyai modal yang kuat,manajemen bagus,strategi produk,penempatan gerai di lokasi strategis namun juga tak kalah pentingnya Carrefor dengan jitu memanfaatkan bergesernya budaya belanja masyarakat di Indonesia,
Jika dahulu masyarakat berbelanja hanya tertuju kepada Toko Ritail Tradisional yang khusus menjual satu produk atau beberapa produk,namun kini masyarakat cenderung beberbelanja mendatangi Toko Retail Modern yang menyediakan banyak pilihan produknya,budaya inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh Carrefour.
Menurut G&P Retail Consulting mengharapkan pemerintah pusat dan daerah harus memberikan lokasi pe-Retail kelas Hipermarket seperti Carrefour di pinggiran kota yang berjarak 20-30 km dari tengah kota,dan memintah pemerintah pusat dan daerah tidak hanya memikirkan investasi daerahnya saja, tapi juga harus berfikir bagaimana caranya pe-Ritail Kecil bisa hidup dan terhindar dari korban kedigdayaan pe-Ritail Modern raksasa seperti Carrefour.
Di satu pemberitaan,sepak terjang dan Monopoli Carrefour di dunia Retail Indonesia sudah sangat mencemaskan lihatlah hasil penelusuran KPPU diatas,jika hal ini dibiarkan berlarut-larut maka potensi perekonomian rakyat yang besarnya dari perputaran pasar tradisional akan benar-benar berhenti,belum lagi keterpihakan pabrikan yang jelas-jelas memberi harga murah ke Carrefour namun cilakanya malah memberi harga tinggi ke pasar tradisional.
Mau tahu dimana saja Gerai Carrefour Indonesia,inilah daftar Gerai Carrefour hingga pertengahan tahun 2009 (masih ada kemungkinan bertambah lebih banyak) :
Jakarta Raya:
1. Carrefour Mangga Dua
2. Carrefour MT Haryono
3. Carrefour Lebak Bulus
4. Carrefour Cempaka Putih
5. Carrefour Cempaka Mas
6. Carrefour Cikarang
7. Carrefour Kelapa Gading
8. Carrefour Cakung
9. Carrefour Buaran
10. Carrefour Puri Indah
11. Carrefour Pluit Mega Mall
12. Carrefour Duta Merlin
13. Carrefour Permata Hijau
14. Carrefour Ambassador
15. Carrefour Taman Palem
16. Carrefour Kramat Jati
17. Carrefour Taman Mini
18. Carrefour Cibinong
19. Carrefour Daan Mogot
20. Carrefour Depok
21. Carrefour Ratu Plaza
22. Carrefour Sunter
23. Carrefour Pasar Minggu
24. Carrefour Blok-M
25. Carrefour Emporium Pluit Mall
Tangerang:
26. Carrefour Bumi Serpong Damai
27. Carrefour Cikokol Tangerang
28. Carrefour Ciledug Tangerang
29. Carrefour Bintaro Tangerang
30. Carrefour Ciputat Tangerang
Bekasi:
31. Carrefour Bekasi Square
32. Carrefour Blue Mall Bekasi
33. Carrefour Harapan Indah Bekasi
34. Carrefour Juanda Bekasi
Bandung:
35. Carrefour Sukajadi Bandung
36. Carrefour Kiara Condong
37. Carrefour Braga Bandung
38. Carrefour Molis Bandung
Jawa & Bali:
39. Carrefour Cirebon
40. Carrefour Semarang
41. Carrefour Solo Baru
42. Carrefour Solo Pabelan
43. Carrefour Jember
44. Carrefour Kalimas Surabaya
45. Carrefour Plaza Ambarukmo
46. Carrefour Maguwoharjo Yogyakarta
47. Carrefour ITC Surabaya
48. Carrefour Rungkut
49. Carrefour Golden City Surabaya
50. Carrefour Bubutan Junction SBY
51. Carrefour A. Yani Surabaya
52. Carrefour Dukuh Kupang Surabaya
53. Carrefour Madiun
54. Carrefour Denpasar Bali
55. Carrefour Imam Bonjol Denpasar
56. Carrefour Gunung Agung Denpasar
Sumatra:
57. Carrefour Medan Fair
58. Carrefour Palembang Square
Sulawesi:
59. Carrefour Panakukkang Makassar
60. Carrefour Pengayoman Makassar
61. Carrefour Tamalanrea Makassar
Kalau sudah demikian siapa yang bersalah,Pemerintahkah?Carrefour??semuanya mengelak dan keduanya mempunyai alasan masing-masing,lalu bagaimana nasib pe-Ritail kecil?? tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang mungkin itu jawaban yang akan di lontarkan oleh penguasa dan pengusaha diatas,capital diatas segalanya melebihi dari nilai usaha yang dijalankannya,benarkah begitu sahabat?
Salam Sahabat Selalu



