Bagi banyak pengusaha,data perilaku pemakai atau pelanggan untuk menggunakan produknya sangatlah penting dan strategis,tidak sedikit para pengusaha berani mengeluarkan biaya besar untuk melakukan sebuah riset demi mendapatkan informasi penting ini,demikian pula Yahoo Indonesia,untuk merancang strateginya di dunia Internet Indonesia kedepan Yahoo melakukan riset mengenai hal tersebut.
Untuk memahami Perilaku Pemakai Internet Indonesia,Yahoo Indonesia menjalin kerjasama dengan TNS Net Index,sebuah organisasi usaha yang mengkhususkan diri dalam bidang pemahaman konsumen dan informasi pasar global di 80 negara,yang industry internetnya tumbuh pesat.
Dari hasil kajian dan riset kedua perusahaan itu di Indonesia,digunakan sampling pada kota-kota besar terutama untuk pemakai internet kota :
Dari hasil survey di 9 kota besar tersebut didapatkan data perilaku secara umum pemakai internet,hal ini sangat berguna bagi siapapun yang berkeinginan untuk menjalankan usaha di dunia internet terutama di Indonesia,mau tahu perilakunya?simaklah dibawah ini;
10 Perilaku Pengguna Internet Indonesia diatas bisa dijadikan acuan sahabat dalam menentukan strategi dalam berusaha,bisa juga di jadikan acuan strategi dalam pencarian pemilih Presiden Indonesia 2009,atau bisa juga bagi sahabat yang sudah Bosan Jadi Pegawai.
Salam Sahabat Selalu
Untuk memahami Perilaku Pemakai Internet Indonesia,Yahoo Indonesia menjalin kerjasama dengan TNS Net Index,sebuah organisasi usaha yang mengkhususkan diri dalam bidang pemahaman konsumen dan informasi pasar global di 80 negara,yang industry internetnya tumbuh pesat.
Dari hasil kajian dan riset kedua perusahaan itu di Indonesia,digunakan sampling pada kota-kota besar terutama untuk pemakai internet kota :
1.Jakarta
2.Bogor
3.Tangerang
4.Bekasi
5.Bandung
6.Medan
7.Semarang
8.Palembang
9.Makasar
Dari hasil survey di 9 kota besar tersebut didapatkan data perilaku secara umum pemakai internet,hal ini sangat berguna bagi siapapun yang berkeinginan untuk menjalankan usaha di dunia internet terutama di Indonesia,mau tahu perilakunya?simaklah dibawah ini;
1.Satu dari tiga orang penduduk perkotaan Indonesia mengakses internet dalam satu bulan terakhir.
2.Penetrasi internet pada segmen penduduk usia 15-19 tahun,paling tinggi dibanding segmen usia lain,64% dari usia tersebut menggunakan internet dalam satu bulan terakhir,disusul usia 20-24 tahun sebesar 42%,usia 25-29 tahun sebesar 28%,usia 30-34 tahun sebesar 16%,usia 35-39 tahun sebesar 13%,usia 40-44 tahun sebesar 12% dan usia 45-50 tahun sebesar 5%.
3.Pengguna internet tak hanya di kota besar tetapi juga menyebar dikota lain.
4.Warnet paling sering digunakan mengakses internet,83% dari pengguna online menggunakan warnet dalam satu bulan terakhir,disusul akses handphone,PDA dan perangkat mobile lainya. Selain hal diatas akses juga dilakukan dari kantor 19% ,dari sekolah,17% dan dari rumah 16%.
5.Enam dari 10 pengguna internet mengunjungi situs jaringan sosial setiap bulan.
6.Sebanyak 28% masyarakat perkotaan mengakses internet dalam satu bulan akhir,enam% mengakses internet tiap hari.
7.Pengguna internet yang tinggi tak hanya di kota Jakarta tetapi juga merata dibanyak kota lainnya.
8.Aktivitas internet paling sering digunakan bukan untuk membuka berita online atau bertransaksi melainkan untuk membuka email ,kemudian instant messenger,disusul situs jaringan sosial,mesin pencari,berita online,baru kemudian keperluan lainnya,untuk internet banking menempati urutan akhir sebelum transaksi online.
9.Yahoo sebagai acuan untuk layanan email dan Google untuk mesin pencari.
10.Friendster jaringan sosial terbanyak dikunjungi yang disusul kemudian Facebook.
10 Perilaku Pengguna Internet Indonesia diatas bisa dijadikan acuan sahabat dalam menentukan strategi dalam berusaha,bisa juga di jadikan acuan strategi dalam pencarian pemilih Presiden Indonesia 2009,atau bisa juga bagi sahabat yang sudah Bosan Jadi Pegawai.
Salam Sahabat Selalu



