Indomaret layak disebut dengan si Raja Toko Retail Indonesia saat ini,bagaimana tidak Toko Retail Indomaret mempunyai jaringan Toko Retail yang tersebar hampir dipelosok-pelosok pemukiman ditanah air ini,banyaknya jaringan Toko Retailnya hanya bisa diikuti oleh Alfamart sang pesaing yang tak mau kalah lihatlah perbandingan Jaringan yang menjadi pertempuran mereka belakangan ini ;Jumlah Gerai atau Toko Retail;
Tahun 2007
A.2.425
B.2.266
Tahun 2008
A.3.100
B.2.750
Plan Tahun 2009
A.4.000
B.3.250
Keterangan :
A.Indomaret
B.Alfamart
Kondisi perekonomian masyarakat boleh saja diterpa Krisis Ekonomi Global namun kalo jika melihat rencana dari Indomaret diikuti oleh Alfamart ternyata tahun 2009 bukannya mereka mengerem pertumbuhan Toko Retailnya malah menancapkan gas dengan target yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya,pada hal pada tahun itu justru belum diterpa oleh Krisis Global,fenomena apakah ini?
Kalo seandainya Krisis Global menjalar hebat hingga merontokkan semua sektor usaha mungkin sektor Ritail yang paling akhir rontok pasalnya usaha Ritail adalah usaha yang menjajakan bermacam kebutuhan pokok masyarakat,singkat kata Ritail dicari dan didatangi oleh bahkan sepanjang tahun ada saja bulan-bulan yang membuat pemiliknya panen,jadi disinilah Indomaret,Alfamart bahkan Kreditmart dapat selalu Eksis dan berkembang.
Ditambah dengan pola Waralaba atau Franchise membuat perkembangan dan pertambahan Toko Retail Indomaret semakin jaya.
Salam Sahabat Selalu


