Artikel ini Seperti yang ditayangkan pada Majalah Pengusaha Edisi 88 November 2008
Kreditmart Membuka Program Kemitraan Strategis
Retail adalah muara dari segala bisnis yang ada di dunia, karena pada bisnis retail, sebuah produk bersentuhan langsung dengan pelanggan akhir atau pemakainya. Di negara yang berpenduduk lebih dari 225 juta, bisnis retail berpotensi sangat besar. Terlebih apabila produk yang diperdagangkan dibutuhkan oleh semua orang, maka bisnis ini tentu menjadi peluang yang tidak bisa ditinggalkan.
Indonesia merupakan negara berkembang yang sebagian besar penduduknya masih berada pada tingkat kesejahteraan minimum. Perkembangan tingkat kesejahteraan penduduk merupakan potensi yang luar biasa besar. Produk seperti elektronik,furnitur,it com,healt care dan kebutuhan rumah tangga misalnya. Dalam kultur di Indonesia, produk tersebut merupakan simbol peningkatan tingkat kesejahteraan. Ke lima produk ini bukan lagi sebagai produk mewah lagi hal ini disebabkan hubungan kehidupan sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan dengan mereka,tak ayal seperti halo obat-obatan dan makanan produk pelengkap ini menjadi sangat utama.
Kreditmart hadir menanggapi peluang bisnis yang sangat besar tersebut. Gerai retail 5in1 yaitu produk elektronik,furniture,itcom,healthcare dan home supplies dalam satu gerai ini mengarahkan sasaran pasar utamanya pada kelompok ekonomi menengah dan menengah bawah (target segmen ataspun tidak menjadi persoalan). Tingkat daya beli masyarakat ekonomi Indonesia yang cenderung menyesuaikan kebutuhan hidup dengan gengsi merupakan indikator bahwa pemenuhan produk pendukung ini tidak bisa ditunda lagi apalagi jika menyangkut produk yang berkaitan dengan sosial komunitasnya.
Menanggapi perilaku pasar yang seperti itu, Kreditmart mengemas model bisnisnya lebih dari sekedar gerai retail biasa. Menggandeng beberapa perusahaan pembiayaan besar termasuk juga perbankan, Kreditmart menawarkan opsional kemudahan pemenuhan daya beli kepada masyarakat tentunya dengan dukungan perusahaan leasing tersebut, Kreditmart memberi kemudahan bagi pelanggan dalam membeli sebuah produk yang diidamkan mereka tidak perlu menunggu sekian lama untuk membeli produk idamannya tersebut gara-gara harus mengumpulkan dana dahulu . Mereka cukup datang ke Kreditmart dan mencari produk yang diinginkannya, perusahaan pembiayaan akan membiayai pembelian barang tersebut. Selanjutnya mereka cukup menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membayar cicilan atau angsuran sesuai keinginan mereka.
Konsep demikian di negara dengan 225 juta penduduk, menjadikan Kreditmart sebuah peluang bisnis tak terbatas. Potensi penyebarannya juga tidak terbatas di kota-kota besar, tetapi hampir di setiap kota di Indonesia membutuhkan kehadiran konsep bisnis seperti ini. Untuk itu Kreditmart mengembangkan pola kemitraan strategis yang memungkinkan masyarakat luas bergabung dalam jaringan bisnis yang sangat prospektif ini. Dari sisi lembaga pembiayaan, Kreditmart memilih mitra bisnis dari perusahaan pembiayaan yang telah memiliki pengalaman dan jaringan operasi terluas di Indonesia. Tercatat di antaranya Spektra Finance dan Citi Bank.
Dukungan yang diberikan oleh manajemen pusat sangat luas. Seluruh aspek bisnis diberikan dukungan, mulai dari sourcing produk, manajemen operasional, marketing dan branding, pengembangan SDM, dan yang paling utama adalah pengelolaan tenaga penjualan. Dalam konsep bisnis yang diterapkan, selain melayani pelanggan yang datang langsung (walk-in) Kreditmart melakukan penjualan langsung dengan mengirim tenaga penjualan ke lapangan. Strategi ini menjadikan transaksi penjualan terjadi 4 – 5 kali lipat dari transaksi yang terjadi di toko. Pola penjualan demikian menuntut manajemen penjualan yang canggih. Untuk itulah Kreditmart dengan pengalamannya sekian tahun memberi dukungan penuh dalam pengelolaan tenaga penjualan.
Menanggapi psikologi pasar yang menuntut tempat belanja yang bersih, rapi dan artistik, Kreditmart memilih konsep ritel modern yang mengutamakan penampilan. Tatanan showroom yang artistik menjadi salah satu penarik bagi pasar. Selain itu, Kreditmart memberikan kepercayaan kepada pelanggan dengan memberikan kepastian harga. Pelanggan bisa mengukur sendiri kemampuannya dengan memilih produk yang sesuai, karena harga angsurannya tertera jelas.
Untuk menjangkau segmen pasar yang besar,artikel produk yang ditawarkan mencakup hampir seluruh kebutuhan masyarakat. Lebih dari 50 vendor telah menyatakan komitmennya untuk mendukung pengembangan jaringan bisnis Kreditmart di seluruh Indonesia. Pada tahap awal sampai dengan semester pertama tahun 2009, program Kemitraan Strategis ini ditawarkan bagi investor yang berminat membuka gerai di wilayah pulau Jawa. Selanjutnya baru membuka kesempatan untuk daerah-daerah lain.
Menilik perhitungan bisnisnya, dengan investasi yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp. 260 juta, gerai Kreditmart sudah bisa berdiri dan siap beroperasi. Tentu di luar itu semua masih diperlukan tempat seluas 200 m2 dan persediaan awal yang nilainya antara Rp. 200 – 250 juta. Dengan total investasi tersebut, Kreditmart memberikan tingkat pengembalian modal yang sangat ideal yaitu sekitar 2.5 tahun dengan peningkatan asset rata-rata 130% pertahun. Dengan demikian selama 5 tahun operasinya, diproyeksikan modal yang ditempatkan akan berkembang 5x. Tentu ini peluang yang luar biasa.
Dalam pelaksanaan operasi bisnis, kesederhanaan juga menjadi fokus perhatian manajemen Kreditmart dalam menyusun konsep kemitraan ini. Standarisasi operasi yang disusun memungkinkan gerai Kreditmart dapat dioperasikan oleh total 10 orang saja ditambah beberapa orang tenaga penjualan yang jumlahnya disesuaikan dengan kondisi. Tentu dengan kemudahan tersebut, peluang investasi ini terbuka sangat luas kepada semua investor yang berminat untuk tumbuh dan berkembang dalam jaringan bisnis Kreditmart.
Selain itu mengingat pasar pemakai internet Indonesia yang telah mencapai 30 juta adalah juga merupakan pasar yang tidak bisa dianggap enteng maka manajemen perlu untuk melakukan penetrasi yang kongkrit dan oleh karenanya manajemen telah membangun toko online atau tempat berbelanja on line yang nantinya akan di teruskan ke gerai Kreditmart yang berada di area calon pelanggan tersebut,untuk lebih lanjut bisa di lihat di http://www.kreditmartku.com selain itu dengan keseriusan sosialisasi konsep ini di dunia maya dari beberapa bulan lalu manajemen telah membangun blog sosial di http://www.kreditmart.co.id yang dikunjungi oleh ratusan orang setiap harinnya
Profil Investasi Gerai dan Proyeksi Keuangan Kreditmart:
MOHON KLIK DI ICON BUKU PADA BAGIAN BAWAH BLOG INI
Informasi lebih lengkap hubungi:
PT Pelopor Inti Nusantara
Jl. Gamprit Raya No. 41, Podok Gede, Bekasi 17411
Telp. +62 (21) 84997307,84997057, Fax. +62 (21) 84997206, SMS. +62 (815)19052333
Email: investor@kreditmartku.com, Website: http://www.kreditmart.co.id dan http://www.kreditmartku.com
SMS : 08881997000
Contact Person: Aris Munandar
Browse » Home »
Info Franchise ,
Info Kreditmart ,
Info Usaha ,
Peluang Usaha ,
Testimoni ,
UU Waralaba
» PELUANG BISNIS TAK TERBATAS TOKO RETAIL 5in1 PERTAMA DI INDONESIA
PELUANG BISNIS TAK TERBATAS TOKO RETAIL 5in1 PERTAMA DI INDONESIA
Labels:
Info Franchise,
Info Kreditmart,
Info Usaha,
Peluang Usaha,
Testimoni,
UU Waralaba


